Menu Close

Rusia, Ukraina Dan Moldova Jadi Goal Ekspor Briket Arang Batok Kelapa

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati menjabarkan tugas serta peranan dari masing-masing enam subholding Pertamina yang telah diresmikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir pada Jumat, 10 September 2021. Perseroan memiliki tiga tugas yang harus dilakukan secara paralel, yakni Pertamina harus menyediakan dan mendistribusikan untuk seluruh masyarakat Indonesia dan juga industri. “Semoga, tema “Jawara Arang Subang” ekpor ke delapan ini, jadi kado istimewa untuk Pak Bupati dihari ulang tahunnya yang ke fifty seven di tahun 2021, sekaligus menjadi momentum kebangkitan UKM Subang menembus pasar internasional. “Saat ini Kemendag sedang mencoba menjajaki suatu kerja sama imbal dagang B-to-B. Secara terpisah menanggapi penandatanganan MoU ini, Direktur Fasilitasi Ekspor dan Impor Kemendag Marthin mengatakan, Kemendag sedang menggencarkan kerja sama imbal dagang B-to-B sebagai upaya membuat terobosan baru di bidang kerja sama perdagangan luar negeri.

Produk batu arang tempurung kelapa dapat diproduksi sesuai kebutuhan pasar dan menjadi produk ekspor unggulan. Pengolahan tempurung kelapa menjadi arang dilakukan dengan cara pembakaran. Setelah itu, tempurung kelapa yang belum dibakar dimasukkan lagi setahap demi setahap ke dalam drum. Dalam satu bulan, Mahaquinn dapat mengekspor setidaknya eight kontainer arang tempurung dan briket arang tempurung ke berbagai Negara tujuan diantaranya Australia, Turki dan Tiongkok. Jika disetarakan nilai kuantitas yang diekspor oleh Mahaquinn sekitar 200 ton per bulan. Jumlah ini merupakan jumlah yang sedikit di bandingkan nilai ekspor Mahaquinn Energi Indonesia dalam kondisi normal.

Pekerja menutup briket yang sedang dalam proses penjemuran menggunakan plastik di industri briket rumahan “Merapi Perkasa”, Pondokrejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta, Senin (5/1). Hendrik menyebut, peluang usaha memanfaatkan limbah batok kelapa sisa proses pengolahan kopra tersebut dilakukan setelah melihat harga jual arang batok kelapa yang cukup menjanjikan. Ia bahkan menyebut, harga arang batok kelapa asalan dijual dengan harga Rp1000 per kilogram mulai merangkak menjadi Rp5000 per kilogram untuk arang asalan. Briket arang batok kelapa dari Indonesia khususnya dari daerah Jawa Tengah memang mempunyai kualitas yang dinilai terbaik di dunia, tentu saja hal itulah yang membuat banyak negara berminat untuk membelinya. Arang dari batok kelapa pun dapat menjadi bahan baku bagi industri menengah untuk diolah lebih lanjut menjadi produk arang berorientasi ekspor.

Ekspor arang

Partisipasi Indonesia kali ini merupakan kerja sama Ditjen PEN dengan Konsulat jenderal Republik Indonesia Jeddah dan Indonesian Trade Promotion Center Jeddah. Boleh saya diajari atau diberikan Tips dan Ilmu untuk pembuatan Briket tempurung Kelapa. Ia menyatakan pernah menyampaikan permintaan bantuan kepada pemerintah setempat untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan, tapi tidak pernah ada tanggapan.

Arang tempurung kelapa juga menjadi jaminan pasokan energi listrik bagi masyarakat. Tanaman kelapa sudah dikenal masyarakat sejak lama sebagai tanaman yang memiliki berbagai fungsi dan kegunaan, mulai dari akar hingga daunnya. KAIRO, AYOTASIK.COM – Dalam rangka menumbuhkan perekonomian nasional berbasis syariah dengan mengedepankan ekspor produk produk halal Indonesia di pasar luar negeri. Mesir menjadi salah satu negara yang potensial sebagai goal pasar ekspor produk halal Indonesia. Di tengah upaya pemerintah Indonesia untuk menumbuhkan perekonomian nasional berbasis syariah dengan mengedepankan ekspor produk produk halal Indonesia di pasar luar negeri, Mesir menjadi salah satu negara yang potensial sebagai target pasar. “Untuk ekspor kita memang mendorong masyarakat supaya bisa ekspor. Imbasnya nanti ke ekonomi Indonesia, ke neraca perdagangan akan membaik,” tutur Heru Hartanto.

Kakao merupakan cikal bakal dari produk coklat, jadi biji kakao hasil perkebunan di Indonesia ini dikirim atau di ekspor ke berbagai negara untuk diolah menjadi makanan atau cemilan coklat. Oleh sebab itu, siapa saja yang terlibat dalam kegiatan ekspor, ia harus paham serta mengerti tentang barang apa yang ia ekspor baik dari sisi jenis dan jumlah. Dengan banyaknya industri yang melakukan kegiatan ekspor maka secara tidak langsung akan memunculkan lapangan-lapangan kerja baru, dan tentunya hal ini akan sangat berguna untuk menekan angka pengangguran. [newline]Jika dijelaskan secara singkat, Ekspor merupakan kegiatan mengirimkan barang atau produk ke luar negeri, sedangkan impor merupakan kegiatan mengirimkan barang dari luar negeri ke dalam negeri. Bupati Subang berpesan agar seluruh pelaku UMKM khususnya di Kabupaten Subang untuk mencontoh semangat kerja keras Kang Tono yang tidak pantang menyerah mencari peluang dalam menjalankan usahanya sehingga akhirnya berbuah manis bisa melakukan ekspor arang ke Arab Saudi. “Briket atau batok kelapa itu adalah limbah tetapi bisa dimanfaatkan dan bisa menjadi nilai tambah untuk penghangat ruangan dan juga sebagai pembakaran untuk makanan,” ujar Agus Daryono.

Padahal, batok kelapa bisa dijadikan bahan baku untuk diolah menjadi arang. Briket arang tempurung kelapa sebagai bahan baku setengah jadi juga dapat diolah kembali menjadi produk arang yang inovatif. Potensi batok kelapa banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kegiatan tidak produktif yang dapat meningkatkan nilai tambah.

Setelah itu, barulah arang yang sudah dicampurkan bahan bahan lain tersebut dicetak untuk dijadikan briket arang. Nah sebelum kita maju ke pembahasan lebih lanjut, yuk kita kenalan terlebih dahulu dengan briket arang dan potensinya di luar negeri. Misalnya UMKM perlu menjaga kualitas dan keunikan dari produk serta terus melihat perkembangan pasar. “Selain itu, harus memiliki legalitas agar dapat mengakses pembiayaan. Tak kalah penting, untuk selalu konsisten dalam menjalankan bisnis, menjaga komitmen dengan pembeli.”