Menu Close

Ekonomi Indonesia Beneran Meroket Lho, Buktinya Harta Presiden Dan Menteri Naik Di Tengah Covid

Pemerintah juga terus berkoordinasi secara lebih intensif dengan seluruh stakeholders terkait untuk mencapai herd immunity. Prospek perbaikan juga terlihat dari UMKM, tercermin dari peningkatan permintaan atas Kredit Usaha Rakyat hingga Semester-I 2021. 2 Agustus 2021 mencapai Rp148,08 triliun atau sudah mencapai 51,96% dari goal terbaru di 2021 yang sebesar Rp285 triliun.

perekonomian Indonesia

Elemen masyarakat baik formal maupun casual (pemimpin-pemimpin, orang berpengaruh, dan influencer casual di pedesaan) serta organisasi-organisasi kemasyarakatan harus dilibatkan dalam edukasi terkait protokol Covid-19. Selain itu, alat perlindungan kesehatan di pedesaan juga harus disediakan, terutama masker, juga fasilitas-fasilitas hand-sanitizer di tempat publik dan sentra-sentra produksi. Demikian juga pelarangan mudik harus dipertegas dibarengi dengan mendorong masyarakat pedesaan agar melarang anggota keluarganya untuk mudik.

Demikian disampaikan Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec Rektor Universitas Widya Mataram sebagai Narasumber dalam Webinar Seri #2 yang diselenggarakan Pusat Studi Ekonomi Pancasila Universitas Trilogi bekerjasama dengan penerbit Rajagrafindo. Perbaikan ekspor pun sejalan dengan pemulihan ekonomi yang terjadi di negara mitra dagang Indonesia sehingga permintaan dari luar negeri meningkat. Tahapan program Startup Studio Indonesia.Pada SSI, dilakukan penyaringan startup yang memiliki standar international untuk maju dalam Next Indonesia Unicorn mencari investor. Batch 3 program ini akan segara dilaksanakan, masyarakat yang berminat dapat mendaftar pada situs startupstudio.id dan mendapatkan informasi terbaru pada sosial media @1000startupdigital dan @startupstudio.

Usaha pemerintah memulihkan kembali perekonomian Indonesia melalui insentif pajak dimulai sejak April sampai September 2020 dan terus diperpanjang hingga Desember 2021. Perpanjangan ini dilakukan tentunya dengan mempertimbangkan pandemi COVID-19 yang semakin meluas dan membuat dunia usaha semakin keruh. Berdasarkan survei yang dilakukan Bank Indonesia, 93,2% dari 87,5% UMKM merasakan dampak negatif pada sisi penjualan akibat pandemi COVID-19 . Selain itu, pemberian insentif pajak periode sebelumnya yang berdampak positif memberikan perspektif bahwa insentif pajak yang diterapkan dapat membantu para pelaku ekonomi terutama pelaku usaha.

Oleh karena, itu masuk akal, jika pembatasan sosial sebaiknya tidak disamaratakan untuk semua aktivitas perekonomian. Aktivitas-aktivitas perekonomian yang esensial dan rendah resiko pelakunya terpapar virus harus diberi perhatian lebih agar mendapat sentuhan kebijakan khusus. Dari berbagai aspek yang akan dibahas berikut, sektor pertanian adalah salah satu kandidat terkuat. Dari sisi moneter, suku bunga acuan diturunkan secara bertahap dari 5,00 persen menjadi 4,50 persen sepanjang triwulan I tahun 2020. Kondisi pasar keuangan global yang tertekan ketidakpastian pandemi menyebabkan nilai tukar Rupiah melemah cukup dalam selama Februari hingga Maret.

Karena berdirinya usaha UMKM itu sebenarnya hanya berdasarkan spontanitas dan kemauan sesaat yang menggebu gebu tanpa diawali suatu studi atau pertimbangan bisnis yang professional atau business sense sehingga gampang stagnasi menghadapi problem yang berkembang dalam dunia usaha ini. Tidak hanya itu puluhan juta UMKM di dalam negeri rupanya baru menyumbang kurang dari seperllima dari complete ekspor dibanding dengan negara negara maju seperti Jepang UMKM mampu diandalkan sebagai penopang kegiatan ekspor. Di Amerika Latin, masalah perekonomian Venezuala yang seharusnya telah selesai Pragmatic Play dan akan menstabilkan pertumbuhan ekonomi di kawasan Amerika Latin ternyata tidak berjalan mulus. Pasalnya isu Presiden Bolivia, Evo Morales yang terpilih kembali untuk jabatan pemerintahan yang kempat kalinya itu mengganggu pertumbuhan ekonomi Bolivia yang berdampak besar terhadap peertumbuhan ekonomi Amerika Latin. Masalah tersebut makin melebar setelah Mexico dan Brazilia berencana memberikan suaka politik bagi Morasles. Malah berkembangnya Politics Titghening yang disponsori Amerika dan Inggris, versus Economic Tightening yang dipelopori China dengan 70 negara mitranya rekonsiliasi antara Amerika dan Tiongkok makin jauh.